ALLOH Azza Wajalla memberikan petunjukNya kepada Nabi Muhammad Sholallahu A’laihi Wassalam dalam menjaga kesehatan dengan pencegahan dan penyembuhan dengan memprioritaskan kebersihan, memilih makanan yang baik dan halal, dan mengontrol fisik dan mental dengan amalan sunnah.

Tidak cukup hanya mencuci tangan, berwudhu dapat menjaga kebersihan pribadi secara sempurna dikarenakan penyucian seluruh anggota tubuh yang zahir (terlihat) yaitu kepala, muka, telinga, hidung, tangan dan kaki sehingga mengurangi resiko penularan penyakit secara signifikan. Berwudhu paling sedikit 5 kali sehari sebelum sholat. Lebih baik lagi setiap batal wudhu kita berwudhu kembali

Seorang muslim hanya mengonsumsi yang halal. Mengonsumsi khamr, babi, hewan bertaring dan bangkai hewan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, menurunkan fungsi hati dan system imunitas tubuh Secara klinis, terbukti bahwa makanan dan minuman yang haram bersifat merusak tubuh kita yang berdampak pada menurunnya fungsi system imunitas kita sehingga kuman dapat mudah masuk dan tumbuh subur dalam tubuh kita

Amalan sunnah sehat untuk meningkatkan system imunitas kita diantaranya adalah puasa, sholat tahajjud dan berbekam, yang jika dilakukan dengan benar dapat meningkatkan fungsi organ khususnya yang berhubungan dengan system imun diantaranya kinerja getah bening, limpa, hati dan sumsum tulang yang merupakan produsen yang memproduksin sel darah putih untuk imunitas prima.

Buah pisang, rempah jahe, madu, dan habatussauda, jika dikonsumsi dengan dosis dan cara yang tepat sangat bermanfaat untuk tubuh. Bahan-bahan alami ini mempunyai kemiripan yang dahsyat, yaitu bersifat antioksidan, antikanker, antiinflamasi, antibakteri, antivirus dan memperkuat daya tahan untuk melawan penyakit dengan kemampuan alami tubuh.

dr Agus Rahmadi Mbiomed MA