Sholat adalah manifestasi mendekatkan diri kepada ALLOH Subhanahu Wata’ala, merupakan obat unik tanpa efek samping dan memiliki aspek medis untuk mencegah berbagai macam penyakit, jika dilakukan dengan benar dan teratur.

Hasil penelitian modern menunjukkan gerakan tulang tubuh dan otot secara teratur dan berulang dalam sholat dapat mengurangi radang sendi dan resiko penyakit kardiovaskular, serta mencegah penyakit osteoporosis.

Gerakan sholat dari takbir, ruku, sujud, duduk dan salam memberikan latihan tubuh dan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, melancarkan proses perubahan glukosa menjadi energi, dan pemenuhan hormon dan nutrisi tubuh.

Bacaan sholat berfungsi sebagai terapis psikis karena mengandung doa dan ayat Qur’an yang menenangkan, menyejukkan, dan menghilangkan ketegangan pikiran. Kombinasi aktivitas otot dan ketenangan pikiran, berdasarkan penelitian Harvard University, menyebabkan relaksasi.

Amalan sunnah yang semakin digiatkan Rasulullah Sholallahu a’laihi wassalam di bulan Ramadhan adalah sholat qiyyamul lail, karena itu yuk tingkatkan kualitas sholat untuk pahala dan manfaat kesehatan yang berlimpah.