Selama ini, untuk mencegah terjangkit penyakit, kita lebih berusaha menghindari penyakit, dan saat kita sakit, yang ada di pikiran kita adalah pergi ke dokter untuk berobat. Apalagi di musim sakit seperti sekarang, banyak sekali antrian pasien di Klinik dan Rumah Sakit.

Namun, jika kita kembali pada ajaran sunnah Nabi sholallahu a’laihi wassalam, kita bisa melakukan pencegahan awal, berusaha meningkatkan kekebalan tubuh dengan memanfaatkan kekuatan vis medicatrix naturae (kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri) dengan mengikuti sunnah hidup sehat, yang memang terbukti secara medis.

Berbekam setiap bulan

Berbekam atau hijamah berasal dari kata hajjama yang artinya mengembalikan sesuatu kepada ukuran aslinya. Dengan demikian bekam berarti metode mengembalikan seseorang dalam keadaan sehat dan mencegah berkembangnya penyakit. Bekam adalah prosedur sunnah yang dapat melancarkan peredaran darah, meningkatkan oksigenasi dalam darah, meningkatkan aliran getah bening, sehingga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Bekam hanya memerlukan teknologi dasar dan biayanya murah.

Selalu dalam keadaan berwudhu

Berwudhu adalah cara penyucian diri yang disyariatkan dalam Islam dan merupakan metode yang mudah dan efektif untuk mengurangi dan mencegah penyebaran organisme yang menyebabkan penyakit dikarenakan berwudhu membersihkan secara rutin bagian-bagian tubuh seperti hidung, tangan, kaki, kulit yang merupakan media penularan penyakit, sehingga menghilangkan potensi penyebarannya.

Meminum madu secara rutin

Minum madu rutin memberikan manfaat antibakteri, antioksidan, dan immune boosting. Madu meningkatkan kinerja pemulihan tubuh, yang merupakan sumber karbohidrat alami dan cepat diangkut ke dalam darah untuk kebutuhan energi, dan mempunyai sifat terapeutik disebabkan konsentrasi gula yang tinggi dan efek osmotik yang dihasilkan, yang berperan penting dalam pengobatan, namun bersifat antidiabetik karena menghasilkan efek glikemis yang lebih rendah dari glukosa atau sukrosa.

Mari ikuti pedoman hidup sehat sesuai sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wassallam

dr Agus Rahmadi MBiomed., MA